Mengapa Tanggal-tanggal Pembeda Setiap Zodiak Selalu Dicantumkan di Ramalan Bintang di Majalah-majalah?

Mungkin suatu hal yang aneh jika di majalah-majalah yang terdapat ramalan bintang menaruh tanggal-tanggal untuk membedakan setiap zodiak. Orang-orang yang menyukai ramalan bintang dan mempercayai ramalan berdasarkan zodiak mungkin akan (hampir) selalu membaca ramalan bintang yang dicantumkan di majalah-majalah. Mereka menginginkan hal yang ‘update’ tentang ramalan diri mereka. Bukan tidak mungkin para pembaca ramalan zodiak akan selalu mengingat apa zodiak mereka karena terlalu seringnya mereka membaca ramalan bintang.
Pertanyaan yang diajukan kali ini akan sedikit mengingatkan kita akan daftar zodiak dan tanggal-tanggal pembeda zodiak. Zodiak terdiri dari 12 karakter. Zodiak ditentukan oleh perputaran fase-fase bintang yang ada di antariksa. Perubahan fase-fase inilah yang dipisahkan menurut periode masing-masing:

Capricorn (22 Desember – 20 Januari)
Aquarius (21 Januari – 19 Februari)
Pisces (20 Februari – 21 Maret)
Aries (22 Maret – 21 April)
Taurus (22 April – 21 Mei)
Gemini (22 Mei – 20 Juni)
Cancer (21 Juni – 20 Juli)
Leo (21 Juli – 19 Agustus)
Virgo (20 Agustus – 19 September)
Libra (20 September – 20 Oktober)
Scorpio (21 Oktober – 20 November)
Sagitarius (21 November – 20 Desember)

Jika sekarang anda melihat daftar zodiak diatas dan bisa menentukan apa zodiak anda, wajar jika anda menganggap tidak perlu dicantumkan tanggal-tanggal pembeda setiap zodiak di majalah. Tapi ada hal yang membuat desainer-desainer majalah tersebut menuliskan tanggal-tanggal pembeda di setiap zodiak. Sederhana saja, pola fase-fase dari rasi bintang terkadang berubah-ubah. Ingatlah bahwa revolusi bumi terhadap matahari bukan genap 365 hari, melainkan 265 hari 5 jam 59 menit 42 detik.
Hal itu sebenarnya tidak menyebabkan fase-fase zodiak berubah setiap tahunnya. Satu hal yang menyebabkan fase-fase zodiak berubah dikarenakan oleh waktu revolusi bulan terhadap bumi tidak genap 1 bulan (30 hari) melainkan 29,7 hari (29 hari 16 jam 48 menit). Zodiak ditentukan oleh waktu ‘bulanan’ fase-fase rasi bintang. Ditambah lagi dengan pengurangan hari pada bulan februari yang menjadikan periode zodiak semakin kacau bergeser.