Mengapa Dalam Permainan Bowling 3 Kali Strike Berurutan Disebut “Turkey”?


Kita sering kali mendengar para penonton pertandingan bowling berteriak Turkey ketika seseorang berhasil melakukan 3 kali strike berurutan. Ya.. tiga strike dalam pertandingan bowling disebut Turkey. Mungkin di Indonesia kita jarang mendengarnya. Tapi kebanyakan (hampir semua) pertandingan bowling di dunia memiliki istilah tersebut.
Kalau lihat sejarah masa lalu. Permainan bowling tidak ada hubungannya dengan negara Turki. Bagaimana dengan arti lain dari Turkey? Turkey juga berarti kalkun. Dan saya tidak banyak mengetahui mengapa binatang tersebut diberi nama yang sama dengan sebuah negara yang tak ada hubungannya sama sekali dengan binatang tersebut? (masih dalam pencarian).
Mark Gerberich, direktur operasional The Professional Bowlers Assosiation, menyampaikan gagasan yang masuk akal tentang istilah ini:
“Dahulu saat perayaan Natal dan Thanksgiving, diadakan pertandingan (semacam bowling tua) yang diwarnai dengan taruhan. Ketika seseorang berhasil melempar bola dan mengenai pin-pin yang besar, dia akan mendapatkan hadiah seekor kalkun hidup (turkey) sebagai reward akan pencapaiannya.”