Mengapa Bola Basket Punya Jahitan Palsu? (alias cuma model aja)

Mengapa ada jahitan palsu di bola basket? Mungkin hal yang aneh bagi kebanyakan orang karena kebanyakan bola basket diproduksi tidak dengan teknologi jahitan. Tapi kenapa masih dibuat pola 'mirip' jahitan yang berwarna hitam?
Bagi agan-agan yang suka main basket, ditambah dengan tangan yang cukup besar untuk menggenggam bola basket, pasti agan akan setuju dengan dibuatnya pola jahitan palsu tersebut, karena pola garis hitam tersebut memudahkan pemain basket untuk menggenggam bola dengan satu tangan.
Salah satu bola basket yang benar-benar menggunakan jahitan sebagai salah satu metode produksinya adalah Spalding, merk ini dianggap sebagai merk bola basket paling berkelas di Indonesia, bahkan di Dunia. Tapi bola basket yang dibuat dengan jahitan memiliki tekstur yang sedikit tidak nyaman bagi orang yang ingin memegang bola basket itu dengan satu tangan.
Awalnya, jahitan palsu pada bola basket dibuat hanya berdasarkan inovasi mode. Ternyata inovasi tersebut memberikan kenyamanan lebih bagi atlit untuk memegang bola basket tersebut, dan inovasi "jahitan palsu" tersebut masih terus dipelihara sampai sekarang.