Mengapa Banyak Saklar Lampu Diletakkan 30 cm Diatas Gagang Pintu?


Mungkin analisa yang paling bagus untuk pertanyaan ini adalah “agar saklar lampu nyaman ditekan karena sejajar dengan tinggi badan pemilik rumah.” Tapi apakah ketentuan ini juga diterapkan di semua tempat di dunia. Bandingkan saja tinggi bada orang Asia dengan Orang Amerika.
Saklar lampu yang diletakkan 30 cm diatas gagang pintu sebenarnya hanyalah ukuran untuk orang Amerika Selatan dan Eropa. Saklar dibuat dengan ukuran letak seperti itu memang agar mudah digapai. Tapi aturan ini memberikan efek bagi banyak developer-developer di dunia. Di Jepang misalnya, para pengembang hotel menaruh saklar lampu kamar hotel lebih tinggi dari standart tinggi orang Jepang. Hal ini dimaksudkan agar memberikan kenyamanan bagi calon turis yang lebih tinggi dari mereka.
Di indonesia, aturan pemasangan saklar seperti itu sudah tidak berlaku. Saya tidak tahu mengapa. Mungkin saja karena memang developer-developer Indonesia sudah tidak menghiraukan aturan 30 cm itu. Oia.. satu lagi, di negara-negara Asia Tenggara lainnya, aturan peletakan saklar berubah menjadi 45 cm diatas gagang pintu. Kalau ini, saya sudah tidak tahu harus jawab apa.