Mengapa Jika Memesan Buku Cek dari Bank, Lembar Cek Pertama Diberi Nomor “101”, Bukannya “1”?


Saat kita memesan buku cek dari bank, biasanya bank memberikan satu bendel kertas cek. Biasanya terdiri dari 50 hingga 100 lembar. Tapi, ketika kita menerima buku cek itu dan membuka lembar pertama, nomor yang tertera di buku cek tersebut tidak berawal dari nomor ‘1’ atau ‘01’ atau ‘001’. Padahal, lembar cek itu adalah termasuk lembar cek pertama yang kita pesan.
Tradisi ini diadopsi dari beberapa bank di Eropa dan Amerika. Persaingan bank disana sangat besar. Itulah yang membuat mereka bersaing dalam segala hal, termasuk dalam penomoran lembar cek. Alasannya sebenarnya sangat lucu, karena mereka tidak mau para nasabahnya mengira bahwa itu adalah buku cek pertama yang dikeluarkan bank itu.
Persepsi para nasabah terhadap kredibilitas bank sangat berpengaruh terhadap seberapa besar mereka menabung, deposit, atau meminjam uang. Karena itulah lembar cek pertama di buku cek itu bernomor ‘11’ atau 101’. Beberapa perusahaan di Amerika Selatan malah memberikan nomor ‘1001’ pada lembar cek pertama yang dipesan oleh nasabah