Mengapa Kayu Meletup Kalau Dibakar


Kita sering mendengar kayu yang meletup ketika dibakar. Hal ini biasanya terjadi saat kayu sudah menghitam dan hampir menjadi arang. Tapi pertanyaannya, darimana bunyi meletup itu berasal? Bagian manakah yang pecah sehingga mengeluarkan bunyi meletup seperti itu?
Kayu termasuk benda solid (padat) yang memiliki rongga-rongga kecil (mungkin rongga-rongga kayu tersebut tak terlihat oleh mata kita). Rongga-rongga kecil pada kayu tersebut berisi sedikit udara yang tidak bisa keluar karena tidak ada celah (saya juga tidak tahu mengapa kayu memiliki rongga-rongga seperti itu dan bagaimana udara bisa masuk kedalamnya).
Ketika dibakar, pastinya kayu akan mengalami kenaikan suhu. Kenaikan suhu inilah yang memuat udara yang ada dalam rongga-rongga kayu mengalami pemuaian. Pemuaian ini menyebabkan rongga-rongga kayu tersebut mengembang (tetapi udara tidak bisa keluar). Ketika pengembangan rongga kayu tersebut sudah melebihi batas. Layaknya balon yang mengembang, rongga-rongga trsebut akan pecah. Pecahnya rongga-rongga tersebut mengeluarkan bunyi-bunyi meletup yang biasa kita dengar.
Berbahayakah? Tidak juga. Kejadian ini bukanlah seperti ikan yang digoreng terlalu panas sehingga meletup bersama tetesan minyak. Tapi bisa juga (sedikit) berbahaya ketika ada rongga yang cukup ‘besar’ pada kayu dan mengalami pemuaian yang besar pula. Mungkin jika rongga itu meletup, akan melemparkan abu-abu panas yang ada di sekitarnya.